8 Tips Mudah Merawat Mobil Matic

8 Tips Mudah Merawat Mobil Matic – Bagi anda yang tidak suka menginjak pedal kopling terus menerus di saat macet tentunya akan memilih mobil matic supaya kaki anda tidak pegal ketika macet. Mobil bertransmisi otomatis sendiri sangat populer di Indonesia, tidak hanya perempuan saja yang suka dengan mobil matic, pria pun banyak yang menyukai mobil matic.

Namun tahukah anda, perawatan mobil matic dan manual jelas memiliki perbedaan, terutama untuk para wanita yang belum tahun cara merawat mobil matic. Nah dalam artikel ini kita akan membahas 8 tips mudah merawat mobil matic pada pembahasan di bawah ini.

8 Tips Mudah Merawat Mobil Matic

8 Tips Mudah Merawat Mobil Matic

1.Kinerja Transmisi

Cara mengeceknya sangat mudah, coba anda posisikan transmisi pada posisi D atau R jika mobil tidak bergerak berarti kinerja transmisi bermasalah.

2.Mengganti Oli Transmisi Ketika Melwati Genangan Banjir

Jika anda melewati genangan air saat banjir sebaiknya anda mengganti oli transmisi karena air besar kemungkinan merembes dalam gearbox.

3.Oli Transmisi

Penggantian Oli Transmisi secara berkala juga harus dilakukan, lakukan penggantian oli transmisi secara berkala setiap 25.000 km atau maksimal 50.000 km. Gunakanlah oli transmisi yang di anjurkan oleh produsen mobil.

4. Teliti Dalam Menggunakan Perseneling

Hindarilah menggunakan perseneling P saat keadaan mobil matic belum benar – benar berhentik, karena jika di lakukan terus akan merukan bagian perseneling mobil anda. Jika anda sedang parkir hindari juga menggunakan perseneling D karena di khawatirkan dapat merusak kopling anda.

5.Melakukan Pemanasan Mobil Secara Rutin

Jika anda mengabaikan hal ini makan keadaan mesin anda akan sedikit terganggun, posisikan perseneling di posisi N ketika anda sedang memanaskan mobil.

6.Lakukan Uji Jalan

Jika keluar suara bising atau mobil anda tergoyang saat memindahkan transmisi berarti mobil matic anda dalam keadaan masalah, jadi segeralah bawa kebengkel langganan anda untuk dilakukan perbaikan.

7.Deteksi Dini pada valve dan oli transmisi.

Masalah yang terjadi pada mobil matic adalah kerusakan gasket transmisi, jadi anda harus mendeteksi masalah ini sedini mungkin.

8.Servis Berkala

Anda juga harus melakukan perawatan secara berkala sama seperti mobil matic, lakukanlah service berkala sesuai intruksi yang di rekomendasikan oleh produsen.

Mungkin itu saja pembahasan dari kami mengenai 8 Tips Mudah Merawat Mobil Matic, mudah – mudahan dapat menambah wawasan anda jika ingin membeli mobil matic. Anda juga dapat membaca artikel Komparasi Calya vs Sigra vs Datsun Go Plus pada link berikut.