Kelebihan dan Kekurangan Datsu Go Plus Panca
Kelebihan dan Kekurangan Datsu Go Plus Panca

Kelebihan dan Kekurangan Datsu Go+ Plus Panca Lengkap

Posted on

Datsun Go merupakan mobil yang pertama di luncurkan oleh Datsun dan Nissan Motor Company sejak pernah didiskontinu kan pada tahun 1986. Mobil datsun sendiri di jual di negara – negara berkembang seperti india, afrika, dan indonesia yang menggunakan Platform V Nissan.

Datsun Go + sendiri pertama kali di luncurkan pada pameran India Auto Expo. Pada tahun 2012 datsun pun akhirnya di pasarkan di indonesia, meskipun kehadiran pabriknya masih ada di bawah naungan Nissan Motor Company.

Mobil Datsun Go sendiri termasuk dalam kategori LCGC, bahkan sejak pertama kali di rilis Datsun GO+ merupakan satu – satunya LCGC yang menawarkan kabin yang setara dengan small MPV, di mana biasanya LCGC hanya berkonsep City Car.

Maka tak heran Datsun dapat meraih popularitas dengan cepat di Indonesia.

Kelebihan dan Kekurangan Datsu Go+ Plus Panca Lengkap

Kelebihan dan Kekurangan Datsu Go+ Plus Panca Lengkap

Eksterior Datsun Go+ Plus Panca

Kelebihan dan Kekurangan Datsu Go+ Plus Panca Lengkap

Untuk urusan Eksterior Datsun Go+ memiliki bodi yang menurut kami hampir sama dengan Nissan Grand Livina. Pada bagian depan mobil ini terlihat sangat bagus sekali karena di dukung dengan head lamp heksagonal berjenis hologen yang mampu memberikan penerangan yang baik di malam hari.

Pada bagian Grill depan di desain dengan konsep grull D-Cut berkontur honeycomb dengan bingkai krom yang akan memberikan kesean elegan pada mobil ini.

Pada bagian bumper Datsun Go+ plus Panca menampilan tampilan dengan desain siluet tiga dimensi. Kita lihat pada bagian samping, desain mobil Datsun Go+ panca identik dengan mobil Low MPV, karena tidak memiliki banyak garis yang tajam.

Tetapi pada bagian samping mobil ini terlihat lebih sporty karena desain kaca yang menyempit dari depan ke belakang.

Pada bagian belakang Datsun Go+ Plus Panca menampilkan deswain yang dinamis dengan perpaduan body belakang yang melengkung dengan stoplamp persegi yang kompak mengikuti alur body secara keseluruhan.

Pos Terkait:  Kelebihan dan Kelemahan Corolla Altis Lengkap

Pada bagian body belakang juga di lengkapi dengan roof spoiler dan body yang di buat menjorok ke belakang serta desain bumber yang landar.

Interior Datsun Go+ Plus Panca

Kelebihan dan Kekurangan Datsu Go+ Plus Panca Lengkap

Beralih ke masalah Interior mobil ini menggunakan dashboard yang di domisili dengan warna abu – abu. Pada bagian panel Instrumennya  mobil ini hanya menggunakan Audio yang standar.

Desain dasboard datsun go+ plus sendiri terlihat lebih ringkas karena perseneling yang menyatu dengan dashboard. Pada bagian setir mobil ini memiliki setir yang standar.

Pada bagian jok nya mobil ini memiliki desain aksen yang mirip dengan jok kulit, tetapi jelas berbeda dengan detailnya. Untuk bagian kabinnya Datsun Go+ Plus terlihat lebih lega, karena memiliki 3 baris kursi dan pada bagian baris ke 3 dapat di lipat, dan dapat memperluas bagasi. Untuk kursi pada bagian baris ke 3 hanya cocok di gunakan untuk anak anak.

Mesin Datsun Go+ Plus Panca

Beralih pada bagian Mesin Datsun Go+ Plus Panca menggunakan mesin seri HR12DE yang masih merupakan mesin platform Nissan March. Mobil ini mengungsung konsep mesin DOHC 3 silinder yang memiliki kapasitas 1198 cc.

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 50 KW pada putaran mesin 6000 rpm dan torsi 104 NM pada putaran mesin 4000 rpm. Mesin tersebut dapat membuat bahan bakar menjadi lebih irit.

Spesifikasi Datsun GO+ Plus Panca

  • Panjang : 3955 mm
  • Lebar : 1635 mm
  • Tinggi : 1490 mm
  • Mesin : HR12DE
  • Isi Silinder : 1,198 cc
  • Tenaga maksimal : 50/5000 ps/rpm
  • Torsi maksimal : 104/4000 nm/rpm
  • Transmisi : 5 Speed MT
  • Rival : Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga

Harga Datsun Go+ Plus Panca

Harga baru Datsun Go+ Plus Panca di Indonesia belum tersedia secara resmi untuk tahun 2024. Namun, untuk model tahun sebelumnya, harga baru berkisar antara Rp 112,09 Juta untuk varian D MT hingga Rp 160,49 Juta untuk varian Live CVT.

Untuk harga bekas, berikut adalah beberapa contoh yang saya temukan:

  1. Tahun 2018: Harga bekas berkisar antara Rp 69.000.000 untuk jarak tempuh 20.000-25.000 km.
  2. Tahun 2017: Harga bekas sekitar Rp 84.000.000 untuk jarak tempuh 35.000-40.000 km.
  3. Tahun 2016: Harga bekas mulai dari Rp 64.000.000 untuk jarak tempuh 75.000-80.000 km.
  4. Tahun 2014: Harga bekas mulai dari Rp 60 juta untuk unit tipe STD M/T.

Harga dapat bervariasi tergantung pada kondisi kendaraan, fitur yang tersedia, dan lokasi penjualan. Untuk informasi yang lebih akurat, Anda dapat mengunjungi dealer resmi atau situs jual beli mobil bekas.

  • Datsun Go+ Plus Panca D : Rp 87.900.000
  • Datsun Go+ Plus Panca A : Rp 95.600.000
  • Datsun Go+ Plus Panca A Option : Rp 96.300.000
  • Datsun Go+ Plus Panca T : Rp 103.000.000
  • Datsun Go+ Plus Panca T Option : Rp 102.900.000

Kelebihan Datsun GO+ Plus Panca

Kelebihan Datsu Go Plus Panca
Kelebihan Datsu Go Plus Panca

Datsun GO+ Plus Panca memiliki beberapa kelebihan yang menjadikannya pilihan yang menarik, terutama di segmen LCGC (Low Cost Green Car), seperti:

  1. Kabin Terluas: Menawarkan kabin yang luas di kelasnya, memberikan kenyamanan lebih bagi penumpang.
  2. Bagasi Besar: Dilengkapi dengan bagasi berkapasitas 296 liter, cukup untuk kebutuhan sehari-hari atau perjalanan jauh.
  3. Legroom yang Lega: Ruang kaki yang lega, memberikan kenyamanan ekstra terutama untuk perjalanan yang lebih panjang.
  4. Mesin Responsif: Mesin yang responsif dan berkemampuan tinggi, memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan.
  5. Harga Terjangkau: Menawarkan harga yang kompetitif, menjadikannya pilihan yang ekonomis.
  6. Penggereman Handal: Sistem pengereman yang handal, meningkatkan aspek keselamatan kendaraan.
  7. Konsumsi BBM Irit: Efisiensi bahan bakar yang baik, mengurangi biaya operasional sehari-hari.
  8. Biaya Perawatan Murah: Sparepart yang mudah didapatkan dan biaya perawatan yang murah, memudahkan pemeliharaan kendaraan.
Pos Terkait:  Kelebihan dan Kelemahan Mazda 2 Lengkap

Itulah beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh Datsun GO+ Plus Panca, menjadikannya pilihan yang baik bagi mereka yang mencari kendaraan ekonomis dengan ruang yang luas.

Kekurangan Datsun GO+ Plus Panca

Kekurangan Datsu Go Plus Panca
Kekurangan Datsu Go Plus Panca

Datsun GO+ Plus Panca, sebagai bagian dari segmen LCGC, memiliki beberapa kekurangan yang mungkin perlu dipertimbangkan oleh calon pembeli:

  1. Suspensi: Suspensi Datsun GO+ Panca cenderung keras, yang dapat mengurangi kenyamanan saat berkendara di jalan yang tidak rata.
  2. Jok: Jok baris ketiga tidak dilengkapi dengan headrest, yang berarti kurangnya dukungan dan kenyamanan bagi penumpang.
  3. Peredam Kabin: Peredam kabin yang tipis menyebabkan suara dari luar kabin terdengar cukup keras, yang bisa mengganggu kenyamanan dalam berkendara.
  4. Fitur Keselamatan: Kurangnya fitur keselamatan tambahan seperti ABS, EBD, dan airbag di beberapa varian.
  5. Material Jok: Material jok yang digunakan terasa murahan dan kurang nyaman.
  6. Fitur Kabin: Fitur-fitur kabin yang minim, seperti kurangnya tempat penyimpanan yang memadai.
  7. Desain Kursi: Kursi baris depan yang dirasa mirip dengan mobil pengangkut barang, yang mungkin tidak sesuai dengan selera beberapa pengguna.
  8. Tuas Rem Tangan: Tuas rem tangan yang menggunakan model tarik, yang mungkin kurang praktis bagi sebagian pengguna.

Itulah beberapa kekurangan yang umumnya ditemukan pada Datsun GO+ Plus Panca.

Mungkin itu saja review dari kami tentang Kelebihan dan Kekurangan Datsu Go+ Plus Panca Lengkap, anda dapat menyimpulkan sendiri keunggulan dan kekurangan dari mobil ini.

Jika anda ingin membaca artikel tentang mobil LCGC lainnya anda dapat membaca artikel Honda Brio, Daihatsu Ayla, Toyota Agya pada link berikut. Mungkin itu saja artikel dari kami salam Otomotif Indonesia