Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Xenia Gen 1
Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Xenia Gen 1

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Xenia Gen 1 Lengkap

Posted on

Daihatsu Xenia Gen 1 sendiri merupakan mobil keluarga yang di produksi oleh perusahaan Daihatsu. Daihatsu Xenia sendiri di rilis pada tanggal 11 Desember bersamaan dengan kembarannya yaitu Toyota Avanza Gen 1.

Kehadiran kedua MPV keluarga ini pun laris manis di pasar Otomotif Indonesia saat pertama perilisannya.

Dari segi desain Daihatsu Xenia memiliki tampilan yang hampir sama dengan kembarannya yaitu Toyota Avanza Gen 1.

Pada bagian interiornya Daihatsu Xenia memiliki kabin yang cukup nyaman dan luas dengan beberapa fitur pada bagian dashboardnya.

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Xenia Gen 1 Lengkap

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Xenia Gen 1 Lengkap

Pada bagian mesinnya Daihatsu Xenia Gen 1 sudah dilengkapi dengan 2 tipe mesin untuk mesin pertama adalah tipe EJ-VE 1.0 liter dan K3-VE 1.3 liter.

Untuk harga bekasnya sendiri Daihatsu Xenia Gen 1 di bandrol dengan harga yang cukup murah yaitu sekitar 60 juta – 90 jutaan.

Nah sekarang mari kita simak spesifikasi mengenai kelebihan dan kekurangan Daihatsu Xenia Gen 1 pada pembahasan di bawah ini.

Eksterior Daihatsu Xenia Gen 1

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Xenia Gen 1 Lengkap

Pada bagian eksteriornya Daihatsu Xenia Gen 1 hampir memiliki tampilan yang sama dengan kembarannya yaitu Toyota Avanza Gen 1.

Pada bagian depan Daihatsu Xenia tampil dengan elegant karena sudah dilengkapi dengan headlamp dan grill yang sudah dilapisi dengan warna chrome. Daihatsu Xenia sendiri memiliki tampilan bumper yang simple.

Beralih pada bagian belakang Daihatsu Xenia memiliki tampilan yang sederhana menurut kami namun tetap terlihat elegant.

Adapun fitur – fitur eksterior pada bagian belakang adalah spoiler, stop lamp, wiper dan bumper berdesain simple.

Interior Daihatsu Xenia Gen 1

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Xenia Gen 1 Lengkap

Pada bagian interior Daihatsu Xenia memiliki tampilan yang modern dan tidak jadul dan memiliki kapasitas kabin yang cukup luas. Pada bagian dashboard Daihatsu Xenia memiliki desain dashboard yang sederhana dengan fitur yang standar seperti Audio, AC,dan speedometer.

Untuk material dashbaordnya sendiri terlihat murahan menurut kami.

Pos Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Motor Touring Honda CRF 250 Rally

Pada bagian kursinya Daihatsu Xenia Gen 1 memiliki 3 baris kursi yang dapat menampung penumpang maksimal 8 orang. Untuk material jok nya sendiri kami rasa sudah cukup baik dan nyaman untuk di duduki.

Pada bagian bagasi Daihatsu Xenia Gen 1 memiliki kapasitas yang cukup luas apalagi jika kursi baris ke 3 di lipat.

Mesin Daihatsu Xenia Gen 1

Pada bagian mesinnya Daihatsu Xenia Gen 1 sudah dilengkapi dengan 2 tipe mesin. Untuk mesin yang pertama adalah mesin EJ-VE 1.0 dan untuk mesin yang kedua adalah mesin K3-VE 1.3 liter, kedua mesin Daihatsu Xenia Gen 1 terbilang sangat irit bahan bakar.

Untuk mesin 1.0 mampu mengeluarkan tenaga maksimal mencapai 62 Hp atau setara dengan putaran mesin 5.600 rpm, sedangkan untuk torsinya mencapai 90 Nm atau setara dengan putaran mesin 3.600 rpm, untuk mesin 1.3 mampu mengeluarkan tenaga maksimal mencapai 92 Hp atau setara dengan putaran mesin 6.000 rpm sedangkan untuk torsinya mencapai 120 Nm atau setara dengan putaran mesin 4.400 rpm.

Harga Bekas Daihatsu Xenia Gen 1

Harga Daihatsu Xenia Gen 1 bekas di Indonesia bervariasi tergantung pada tahun, kondisi, dan kilometer yang telah ditempuh. Berikut adalah kisaran harga berdasarkan informasi terkini:

  1. Xenia tahun 2015: Harga berkisar antara Rp 95.000.000 hingga Rp 100.000.000.
  2. Xenia tahun 2013: Harga sekitar Rp 87.000.000.
  3. Xenia tahun 2012: Harga mulai dari Rp 115 Juta.
  4. Xenia tahun 2005: Harga sekitar Rp 59.000.000.

Untuk harga Daihatsu Xenia Gen 1 baru, karena model ini sudah tidak diproduksi lagi, mungkin sulit menemukan unit baru di pasaran. Namun, jika ada, harganya mungkin akan ditentukan oleh penjual individu atau dealer mobil bekas.

Apakah Anda tertarik dengan tahun tertentu atau memerlukan informasi lebih lanjut mengenai kondisi spesifik dari mobil bekas?

Spesifikasi Daihatsu Xenia Gen 1

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Xenia Gen 1 Lengkap

Pos Terkait:  20 Modifikasi Toyota Rush Daihatsu Terios Terbaru

Kelebihan Daihatsu Xenia Gen 1

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Xenia Gen 1
Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Xenia Gen 1

Daihatsu Xenia Generasi Pertama memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya populer, terutama di kota-kota kecil dan pelosok. Berikut adalah beberapa kelebihan yang menonjol:

  1. Harga Terjangkau: Harga bekas Daihatsu Xenia 1.000 cc generasi pertama berada di kisaran Rp60 jutaan, yang cukup terjangkau untuk mobil keluarga dengan teknologi modern.
  2. Kapasitas Penumpang: Xenia 1.000 cc dapat memuat hingga 7 orang dengan konfigurasi tempat duduk 2+3+2, menjadikannya pilihan yang baik untuk keluarga.
  3. Fitur Lengkap: Untuk zamannya, Xenia 1.000 cc dilengkapi dengan fitur-fitur seperti tachometer, power steering, dan power window di semua pintu, yang menambah kenyamanan pengemudi dan penumpang.
  4. Mesin Tangguh dan Hemat Bahan Bakar: Mesin EJ-DE dan EJ-VE 989 cc yang digunakan pada Xenia 1.0 lansiran 2004 hingga 2005 dikenal tangguh dan efisien dalam penggunaan bahan bakar.
  5. Desain dan Kenyamanan: Desain eksterior yang sederhana namun tidak ketinggalan zaman, kabin yang lapang dan nyaman, serta dilengkapi dengan fitur hiburan dan AC, menjadikan Xenia generasi pertama pilihan yang nyaman untuk perjalanan keluarga.

Kelebihan-kelebihan ini menjadikan Daihatsu Xenia Gen 1 sebagai pilihan yang menarik bagi mereka yang mencari mobil keluarga yang ekonomis dan dapat diandalkan.

Kekurangan Daihatsu Xenia Gen 1

Kekurangan Daihatsu Xenia Gen 1
Kekurangan Daihatsu Xenia Gen 1

Daihatsu Xenia Gen 1, yang dikenal sebagai mobil MPV yang populer di Indonesia, memiliki beberapa kekurangan yang mungkin perlu dipertimbangkan sebelum membeli:

  1. Kabin Kurang Senyap: Banyak pengguna melaporkan bahwa kabin Xenia kurang senyap, terutama saat berkendara di jalan perkotaan yang padat. Peredam kabin tidak efektif dalam mengurangi suara dari luar, termasuk suara kendaraan lain dan raungan mesin.
  2. Harga Jual Kembali Merosot: Xenia cenderung memiliki harga jual kembali yang lebih rendah dibandingkan dengan kompetitornya, seperti Toyota Avanza. Ini bisa menjadi pertimbangan bagi mereka yang memikirkan nilai jual ulang kendaraan.
  3. Desain yang Monoton: Desain Xenia dianggap oleh beberapa orang sebagai kurang inovatif dan cenderung membosankan, yang mungkin tidak menarik bagi konsumen yang mencari tampilan yang lebih modern.
  4. Fitur Keselamatan dan Hiburan Minim: Xenia generasi pertama memiliki fitur keselamatan dan hiburan yang terbatas, dengan material bodi yang tipis dan kurangnya fitur seperti ABS dan side impact beam.
  5. Suspensi Keras: Beberapa pengguna merasa bahwa suspensi Xenia agak keras, terutama saat berkendara di medan yang tidak rata.
  6. Mesin Kurang Bertenaga: Untuk varian 1.000cc, mesin dianggap kurang bertenaga, yang mungkin menjadi masalah saat berkendara dengan muatan penuh atau di tanjakan.
  7. Kursi Baris Ketiga Tidak Fleksibel: Kursi baris ketiga tidak memiliki pembagian, sehingga jika diperlukan ruang bagasi tambahan, seluruh baris harus dilipat, yang mengurangi fleksibilitas penggunaan ruang.
Pos Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Nissan Grand Livina Lengkap

Itulah beberapa kekurangan dari Daihatsu Xenia Gen 1 yang mungkin perlu dipertimbangkan. Apakah ada informasi lain yang Anda ingin ketahui?

Mungkin itu saja review dari kami mengenai Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Xenia Gen 1 Lengkap, menurut kami Daihatsu Xenia Gen 1 sudah memiliki kualitas yang cukup baik namun jika anda ingin mobil yang lebih nyaman anda bisa memilih Toyota Avanza Gen 1 meskipun harganya sedikit lebih mahal.

Anda juga dapat membaca artikel Kelebihan dan Kekurangan Toyota Kijang Kapsul Lengkap pada link berikut. Mungkin itu saja artikel dari kami Salam Otomotif Indoneisa.