Kelebihan dan Kekurangan Moge Kawasaki ER-6n 650
Kelebihan dan Kekurangan Moge Kawasaki ER-6n 650

Kelebihan dan Kekurangan Moge Kawasaki ER-6n 650

Posted on

Jika sebelumnya kita sudah membahas Kawasaki Ninja 650, nah dalam artikel ini kita akan membahas versi naked dari Ninja 650 yaitu moge Kawasaki ER-6n yang memiliki basic yang sama dengan Ninja 650.

Kawasaki ER-6n sendiri memiliki desain sangat gagah dan sporty karena motor ini memiliki body yang cukup berisi. Pada bagian belakang motor ini memiliki tampilan belakang yang sama persis dengan Ninja 650 karena miliki basic yang sama.

Untuk versinya Kawasaki ER-6n di rilis dengan 2 versi versi pertama adalah Kawasaki ER-6n biasa dan Kawasaki ER-6n ABS.

Kelebihan dan Kekurangan Moge Kawasaki ER-6n 650

Pada bagian mesin Kawasaki ER-6n sudah dilengkapi dengan kualitas mesin yang sangat tangguh dan bertenaga besar yaitu mesin DOHC 8 Valves 4 langkah 2 silinder yang memiliki kapasitas mesin 650 cc.

Nah sekarang mari kita ulas Kelebihan dan Kekurangan Moge Kawasaki ER-6n 650 pada pembahasan di bawah ini.

Desain Kawasaki ER-6n

Kelebihan dan Kekurangan Moge Kawasaki ER-6n 650
Untuk desainnya Kawasaki ER-6n memiliki konsep desain yang sangat gagah dan sporty menurut kami. Beralih pada bagian depan Kawasaki ER-6n memiliki desain headlamp depan yang terlihat gagah dan sporty sehingga motor ini terlihat cukup garang jika dilihat dari depan.
Untuk posisi mengemudinya Kawasaki ER-6n memiliki posisi mengemudi yang cukup nyaman dan handling motor yang cukup lincah.
Beralih pada bagian samping Kawasaki ER-6n memiliki tampilan yang sangat sporty dengan blok mesin 2 silinder yang terlihat padat sehingga motor ini terlihat gagah jika dilihat dari samping. Pada bagian jok dan bagian belakang Kawasaki ER-6n memiliki tampilan yang sama degan sodaranya yaitu Ninja 650.

Mesin Kawasaki ER-6n

Kelebihan dan Kekurangan Moge Kawasaki ER-6n 650
Pada bagian dapur pacunya Kawasaki ER-6n sudah dilengkapi dengan mesin yang sama dengan sodaranya yaitu Kawasaki Ninja 650 dengan kapasitas besar yaitu mesin 2 silinder DOHC 8 Valves 4 langkah yang memiliki kapasitas mesin 650 cc.
Dengan mesin seperti di atas Kawasaki ER-6n mampu mengeluarkan tenaga maksimal mencapai 53 kW atau setara dengan putaran mesin 8.500 rpm sedangkan untuk torsinya mencapai 64 Nm atau setara dengan putaran mesin 7.000 rpm.

Suspensi Kawasaki ER-6n

Kawasaki ER-6n juga sudah dilengkapi dengan kualitas suspensi yang sangat baik yang akan memberikan kenyamanan ketika anda berkendara dengan motor ini. Untuk suspensi depan Kawasaki ER-6n sudah dilengkapi dengan suspensi berjenis 41 mm Telescopic Fork sedangkan untuk suspensi belakang sudah dilengkapi dengan suspensi berjenis Monoshock Suspension.

Fitur Kawasaki ER-6n

Kelebihan dan Kekurangan Moge Kawasaki ER-6n 650
Kawasaki ER6n juga sudah dilengakpi dengan beberapa fitur berteknologi modern seperti speedometer digital dan analog, sisitem pengereman ABS untuk versi ABS yang berfungsi untuk menghindari terjadinya penguncian ban ketika anda melakukan pengereman mendadak.

Harga Kawasaki ER-6n

Kawasaki ER-6n ABS adalah model yang tidak lagi diproduksi. Meskipun demikian, berikut adalah informasi mengenai harga Kawasaki ER-6n ABS:

Harga Baru: Di Indonesia, Kawasaki ER-6n ABS 2024 tersedia dengan harga Rp 150,4 Juta. Anda juga dapat memeriksa promo Maret dengan DP terendah dan cicilan bulanan.

Untuk pembeli yang tertarik dengan motor bekas, berikut beberapa penawaran:

  • Kawasaki ER-6N 2012: Harga bekas sekitar Rp 68.000.000.
  • Kawasaki ER6N 650 2012: Harga bekas sekitar Rp 69.500.000.

Spesifikasi Kawasaki ER-6n

Kelebihan dan Kekurangan Moge Kawasaki ER-6n 650
  • Jenis Mesin : DOHC 8 Valves 4 langkah
  • Jumlah Silinder : 2 Silinder
  • Kapasitas Mesin : 650 cc
  • Tenaga Maksimal : 53kW (72.1 PS) / 8.500 RPM
  • Torsi Maksimal : 64 N.m (6.5 kgf.m) / 7.000 RPM
  • Suspensi Depan : 41 mm Telescopic Fork
  • Suspensi Belakang : Monoshock Suspension

Kelebihan Kawasaki ER-6n

Kelebihan Moge Kawasaki ER-6n 650
Kelebihan Moge Kawasaki ER-6n 650

Kawasaki ER-6n adalah motor gede (moge) yang menarik perhatian dengan tampilan macho ala streetfighter dan mesin berkapasitas besar. Berikut adalah beberapa kelebihan dari Kawasaki ER-6n:

  1. Desain Kokoh: ER-6n memiliki desain yang mencolok dan kokoh, memberikan kesan streetfighter yang menarik.
  2. Tenaga Besar: Mesin 2-silinder berkapasitas 650 cc mampu menghasilkan 71 tk pada 8.500 rpm dan torsi 64 Nm pada 7.000 rpm. Akselerasi dari 0-60 km/jam hanya dalam 2,3 detik, dan kecepatan puncaknya melebihi 200 km/jam.
  3. Handling Stabil: Meskipun memiliki bobot lebih dari 200 kg, ER-6n terasa sangat stabil pada kecepatan tinggi. Cocok untuk touring jarak jauh dan manuver bermanuver.
  4. Harga Terjangkau: ER-6n menawarkan moge dengan harga yang relatif terjangkau, sehingga cocok bagi pemakai motor 250cc yang ingin naik level ke motor 650cc tanpa mengeluarkan dana terlalu besar.
Pos Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Moge Yamaha MT 09 Naked

Meskipun memiliki kelebihan, ER-6n juga memiliki kelemahan, seperti bobot yang berat dan suara mesin yang kurang meyakinkan.

Kekurangan Kawasaki ER-6n

Kekurangan Moge Kawasaki ER-6n 650
Kekurangan Moge Kawasaki ER-6n 650

Kawasaki ER-6n memiliki beberapa kelebihan, tetapi juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membelinya. Berikut adalah beberapa kelemahan dari Kawasaki ER-6n:

  1. Bobot yang Berat: ER-6n memiliki bobot yang cukup berat, yang dapat mempengaruhi manuver dan kenyamanan saat berkendara. Namun, bobot ini sebanding dengan tenaga yang besar yang dihasilkan oleh mesin 2-silinder berkapasitas 650 cc.
  2. Suara Mesin Kurang Memuaskan: Mesin ER-6n hanya memiliki 2 silinder, sehingga suaranya kurang menggelar dan kurang meyakinkan. Meskipun demikian, tenaganya meledak dan cocok untuk penggunaan sehari-hari.
  3. Quality Control: Beberapa pengguna melaporkan masalah dengan kualitas kontrol, seperti bunyi pada roda belakang yang mungkin terkait dengan bearing yang tidak berada di posisi yang tepat.

Kesimpulan Kawasaki ER-6n

Jika anda ingin memiliki sebuah moge tetapi hanya memiliki budget di bawah 160 jutaan anda dapat memilih Kawasaki ER-6n karena motor ini memiliki kapasitas mesin yang besar yaitu 650 cc.
Namun bila anda memiliki budget di bawah 100 jutaan harga bekas moge ini di bandrol di bawah 100 jutaan.
Mungkin itu saja pembahasan dari otodrift.com mengenai Kelebihan dan Kekurangan Moge Kawasaki ER-6n 650 mudah – mudahan artikel ini dapat menambah referensi anda jika anda sedang mencari moge dengan harga yang cukup terjangkau. Anda juga dapat membaca artikel Kelebihan dan Kekurangan Motor Klasik Kawasaki Estrella 250 pada link berikut.