Kelebihan dan Kekurangan Motor Kecil Kawasaki KSR
Kelebihan dan Kekurangan Motor Kecil Kawasaki KSR

Kelebihan dan Kekurangan Motor Kecil Kawasaki KSR

Posted on

Tidak hanya terkenal dengan Moge dan Motor Trailnya, Kawasaki juga terkenal dengan jenis motornya yang minimalis salah satunya adalah Kawasaki KSR yang memiliki desain minimalis yang mengambil basic dari Kawasaki D-Tracker.

Kawasaki KSR sendiri di rilis dengan 2 versi yaitu Kawasaki KSR biasa dan Kawasaki KSR Pro.

Kawasaki KSR juga sering disebut sebagai Kawasaki D-Tracker versi kecil karena bagian depan motor ini sangat mirip dengan Kawasaki D-Tracker hanya saja tampil lebih kecil.

Kelebihan dan Kekurangan Motor Kecil Kawasaki KSR

Untuk dapur pacunya Kawasaki KSR sudah dilengkapi dengan mesin yang cukup tangguh untuk sebuah motor minimali yaitu mesin SOHC 2 katup Pendingin udara, 4 Tak Single dengan 1 silinder yang memiliki kapasitas mesin 111 cc.

Perbedaan yang mencolok antara Kawasaki KSR biasa dan Kawasaki KSR Pro adalah pada bagian kupling, karena Kawasaki KSR biasa belum menggunakan kupling.

Nah sekarang mari kita ulas Kelebihan dan Kekurangan Motor Kecil Kawasaki KSR pada pembahasan di bawah ini.

Desain Kawasaki KSR

Kelebihan dan Kekurangan Motor Kecil Kawasaki KSR
Kawasaki KSR sendiri memiliki tampilan seperto Super Moto namun minimalis karena motor ini menggunakan basic desain dari Kawasaki D-Tracker. Beralih pada bagian depan Kawasaki KSR memiliki tampilan yang terlihat gagah dengan desain headlamp yang sama seperti Kawasaki D-Traceker 250.
Untuk posisi mengemudinya sendiri Kawasaki KSR memiliki posisi mengemudi yang cukup nyaman di tambah handling nya yang sangat lincah. Untuk speedometernya Kawasaki KSR dilengkapi dengan speedometer analog.
Beralih pada bagian samping Kawasaki KSR memiliki tampilan yang sporty karena memiliki blok mesin 1 silinder yang terlihat padat. Untuk joknya sendiri Kawasaki KSR hanya bisa digunakan untuk  1 orang jadi anda tidak bisa membonceng dengan motor ini.
Beralih pada bagian belakang Kawasaki KSR juga memiliki tampilan belakang yang hampir mirip dengan Kawasaki D-Tracker dengan bentuk stoplamp yang oval.

Mesin Kawasaki KSR

Kelebihan dan Kekurangan Motor Kecil Kawasaki KSR
Pada bagian mesinnya Kawasaki KSR sudah dilengkapi dengan kualitas mesin yang cukup tangguh untuk sebuah motor minimalis yaitu mesin SOHC 2 katup Pendingin udara, 4 Tak Single dengan 1 silinder yang memiliki kapasitas mesin 111 cc.
Dengan mesin seperti di atas Kawasaki KSR mampu mengeluarkan tenaga maksimal mencapai 8.6 Ps atau setara dengan putaran mesin 8.000 rpm sedangkan untuk torsinya mencapai 8.6 Nm atau setara dengan putaran mesin 6.000 rpm.

Suspensi Kawasaki KSR

Mesikpun desainnya minimalis Kawasaki KSR sudah dilengkapi denagn kualitas suspensi yang cukup baik, sehingga akan memberikan kenyamanan ketika anda berkendara menggunakan motor ini.
Untuk suspensi depannya Kawasaki KSR sudah menggunakan suspensi berjenis 30 mm Teleskopik (inverted) sedangkan untuk suspensi belakang Kawasaki KSR menggunakan suspensi berjenis Single Shock.

Harga Kawasaki KSR

Berikut adalah informasi harga untuk Kawasaki KSR baru dan bekas:

Pos Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Sedan Hyundai Sonata YF

Harga Baru:

  • Kawasaki KSR 110 baru ditawarkan dengan harga sekitar Rp 23.900.000 di Indonesia.

Harga Bekas:

  • Kawasaki KSR 110 tahun 2011 berkisar antara Rp 23.000.000 – Rp 26.500.0002.
  • Kawasaki KSR 110 tahun 2012 sekitar Rp 20.000.000.
  • Kawasaki KSR 110 tahun 2013 sekitar Rp 26.000.000.
  • Kawasaki KSR 110 tahun 2014 sekitar Rp 21.000.000.
  • Kawasaki KSR 110 tahun 2015 sekitar Rp 22.500.000.

Harga bisa berbeda tergantung pada kondisi motor, lokasi penjualan, dan penjual. Untuk informasi lebih akurat, Anda bisa mengunjungi dealer resmi atau situs jual beli motor bekas.

Spesifikasi Kawasaki KSR

Kelebihan dan Kekurangan Motor Kecil Kawasaki KSR
  • Jenis Mesin : SOHC 2 katup Pendingin udara, 4 Tak Single
  • Jumlah Silinder : 1 Silinder
  • Kapasitas Mesin : 110 cc
  • Tenaga Maksimal : 8.6 PS / 8.000 rpm
  • Torsi Maksimal : 8.6 Nm / 6.000 rpm

Kelebihan Kawasaki KSR

Kelebihan Kawasaki KSR
Kelebihan Kawasaki KSR

Kawasaki KSR dikenal sebagai motor hobi yang menawarkan beberapa kelebihan, di antaranya:

  1. Sensasi Berkendara: Memberikan sensasi berkendara yang menyenangkan, terutama untuk stop and go, dengan suspensi yang empuk.
  2. Desain: Meskipun berdimensi kecil, desainnya menarik dan cocok untuk lalu lintas padat.
  3. Tenaga Mesin: Mesin karbu yang bertenaga dan irit, memberikan kontrol yang mudah dan lincah dalam bermanuver.
  4. Ergonomis: Ergonomis dan menimbulkan rasa senang saat berkendara, dengan kemampuan manuver yang tak tertandingi di kemacetan.
Pos Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Terios Lengkap

Kelebihan-kelebihan ini menjadikan Kawasaki KSR pilihan yang cocok untuk mereka yang mencari motor mini dengan performa yang handal dan pengalaman berkendara yang unik.

Kekurangan Kawasaki KSR

Kekurangan Kawasaki KSR
Kekurangan Kawasaki KSR

Kawasaki KSR, meskipun populer sebagai motor hobi, memiliki beberapa kekurangan yang mungkin perlu dipertimbangkan oleh calon pembeli:

  1. Harga Suku Cadang: Suku cadang orisinal untuk Kawasaki KSR cenderung sangat mahal dan seringkali harus dipesan terlebih dahulu (inden)1.
  2. Cipratan Air: Saat berkendara di jalan basah, cipratan air dari ban depan ke kaki pengendara sering tidak terhindarkan1.
  3. Getaran: Beberapa pengguna melaporkan bahwa performa KSR saat dipacu hingga 80 kilometer per jam dapat menimbulkan getaran yang terasa sampai ke setang1.
  4. Kenyamanan Berkendara: Bagi pengendara dengan postur tubuh yang lebih tinggi, mengendarai KSR bisa cepat menyebabkan pegal, terutama saat berkendara jauh1.
  5. Ketersediaan Komponen: Meskipun sudah mulai ada komponen aftermarket yang lebih terjangkau, tidak semua komponen tersedia di pasaran1.

Kesimpulan Kawasaki KSR

Jika anda sedang mencari motor minimalis dengan harga desain seperti D-Tracker anda dapat memiliki motor ini, namun jika anda tidak puas dengan kapasitas mesin 110 cc anda dapat memilih motor minimalis Kawasaki lainnya yaitu Kawasaki Z125 Pro.
Mungkin itu saja pembahasan dari mobimoto.net mudah – mudahan artikel ini dapat menambah referensi anda jika anda ingin membeli motor minimalis dari Kawasaki. Anda juga dapat membaca artikel Kelebihan dan Kekurangan Motor Cruiser Kawasaki Vulcan pada link berikut.